Wednesday, March 13, 2019

Merah Putih di 3 Negara Di Dunia, Siapa Yang Pertama Memakainya ?

Merah Putih di 3 Negara Di Dunia, Siapa Yang Pertama Memakainya ?



pameo.co


Hola......

Ada tiga negara di dunia yang menggunakan warna merah dan putih pada desain benderanya, yaitu Republik Indonesia, Kerajaan Monaco, dan Polandia. Masing - masing  negara tersebut menggunakan desain bendera dua warna sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Masing - masing mempunyai sejarah tersendiri, juga mempunyai tafsiran sendiri tentang arti warna merah dan putih yang digunakan sebagai bendera kebangsaan, tapi tahukah kamu, negara manakah yang lebih dulu menggunakan desain dua warna (merah dan putih) untuk pertama kalinya?

  • Polandia (Poland)


Bendera Polandia terdiri atas dua garis horizontal dengan lebar yang sama, bagian atas putih dan bagian bawahnya merah. Dua warna tersebut didefinisikan dalam konstitusi Polandia sebagai warna nasional. Putih dan merah secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831.

Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, yaitu seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna. Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

  • Monako (Monaco)


Bendera nasional Monako terdiri atas dua strip horizontal yang sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini lebih sederhana dan mulai digunakan sejak 4 April 1881.

  • Indonesia


Bendera nasional Indonesia, yang dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih ("Merah Putih") didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 di Jawa Timur. Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan secara resmi di hadapan dunia pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Desain bendera masih tetap sama sampai sekarang.Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada abad ke-13. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu. Ada juga cerita lain tentang bendera Indonesia, yang secara signifikan berhubungan dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap urusan menggunakan bendera Belanda (merah-putih-biru). Sedangkan bendera Indonesia dilarang digunakan. Sebagai simbol perlawanan terhadap Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan merobek bendera Belanda. Mereka merobek bagian bawah bendera, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru (Ingat lagi sejarah di Hotel Yamato...).


Alasan utamanya adalah karena biru pada bendera Belanda dipahami sebagai berdiri untuk aristokrasi "berdarah biru". Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang tertumpah dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih bisa dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia. Nama resminya adalah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 UUD 1945. Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka adalah bendera yang dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa saat setelah dia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera Pusaka ini adalah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dan dikibarkan setiap tahun di depan istana presiden pada saat upacara hari kemerdekaan. Namun, karena dianggap terlalu rapuh, Bendera Pusaka dikibarkan untuk yang terakhir kalinya pada 17 Agustus 1968. Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kemurnian. merah tersebut merupakan tubuh manusia atau kehidupan fisik, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia atau kehidupan rohani. Bersama-sama mereka berdiri untuk melengkapi manusia. Secara tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan merah dan putih sebagai warna suci mereka, pencampuran warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau Gula aren) dan beras (berwarna putih). Sampai hari ini, keduanya merupakan komponen utama masakan Indonesia setiap hari. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih.

Sebagai tambahan saja, kerajaan majapahit berdiri tahun 1293.



Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah....

  1. Polandia menggunakan corak bendera putih-merah pada tahun 1831.
  2. Monaco menggunakan corak bendera merah-putih pada tahun 1339 (itupun desainnya masih berubah-ubah)
  3. INDONESIA, menggunakan corak bendera MERAH PUTIH sejak jaman Kerajaan Majapahit berdiri, tahun 1293 ..

Jadi, INDONESIA adalah yang pertama menggunakan bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH akan tetap berkibar!! MERDEKA!!!!

Update!!!

Ada 1 negara yang ketinggalan

Bendera Singapura mirip bendera Indonesia, hanya saja pada bagian warna merah ada bulan sabit dan 5 bintang yang disusun bundar. Setiap ciri yang ada pada bendera tersebut mempunyai makna yang tersendiri.

Bendera Singapura ini diperkenalkan pada 3 Desember 1959 sewaktu pelantikan Yang di-Pertuan Negara yang pertama, Encik Yusof bin Ishak. Diciptakan oleh sebuah komite yang diketuai oleh Wakil Perdana Menteri pada masa itu, Dr. Toh Chin Chye. Bendera ini menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar di Singapura selama 140 tahun (1819-1959) dan hingga kini digunakan sejak Singapura merdeka dari Malaysia pada 9 Agustus 1965.

Merah Putih, karena menghargai Indonesia yang telah berjasa mempercepat kemerdekaan mereka, maka Singapura terinspirasi mengambil dasar warna bendera kita yaitu: merah putih sebagai tanda bahwa mereka berada ditengah-tengah Indonesia. Kini warna merah tersebut diartikan sebagai persaudaraan dan kesamaan segala manusia sementara warna putih nya sebagai kesucian dan kebaikan.

Bintang 5 biji dipojok atas itu adalah pengadopsian dari Pancasila yg mempunyai 5 Sila, karena waktu itu Singapura belum memiliki dasar atau falsafah negara, dan setelah mempunyai falsafah negara, arti dari 5 bintang itu adalah: demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan (democracy, peace, progress, equality and justice)

Bulan Sabit lambang bulan sabit itu adalah sebagai tanda bahwa Singapura sangat menghargai bahwa mereka hidup ditengah-tengah masyarakat yang mayoritas muslim. Belakangan kemudian bulan sabit itu juga diartikan sebagai sebuah negara muda yang sedang maju

Masa-masa konfrontasi yang akhirnya memerdekakan Singapura ini telah mengorbankan 520 orang ditawan, 168 orang gugur, dan prajurit sukarelawan dari Indonesia yang hingga kini jasad mereka banyak yang belum dipulangkan ke Indonesia.

Tercatat pula disejarah bahwa, dulu perekonomiannya sangat tergantung pada ekspor dari indonesia, makanya jika dulu ekspor kesana ditutup, mereka akan kesulitan. sebab singapura itu hanyalah negara ekonomi jasa, mereka tidak memiliki sumber daya alam.

Ternyata Indonesia berperan banyak ya dalam kemerdekaan Singapura.

(kaskus.co.id)

Bagaimana menurutmu?

Salam Ama-Ra!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon

Post Terbaru

Merah Putih di 3 Negara Di Dunia, Siapa Yang Pertama Memakainya ?

Merah Putih di 3 Negara Di Dunia, Siapa Yang Pertama Memakainya ? pameo.co Hola...... Ada tiga negara di dunia yang mengg...