Thursday, December 28, 2017

Keracunan Makan Ikan

Keracunan Makan Ikan

keracunan makanan (souce: tempo.co)


Pernah nggak sih ketika makan ikan kamu mengalami sakit perut, mual bahkan keracunan ?

Eits, itu belum tentu karena salah Ikan yang kamu makan loh, karena Ikan tetap merupakan bahan pangan yang aman dan bergizi (karena ikan punya asam amino esensial yang lengkap) untuk di konsumsi. 

Sejatinya, banyak faktor yang menyebabkan Ikan dan makanan lainnya yang kita konsumsi bisa berbahaya, salah satunya adalah "kontaminasi" yang disebabkan oleh faktor biologi (bakteri, virus, jamur), kimia (klorin) maupun fisik (pecahan kaca, logam ex: peniti, staples) yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang steril, salah dalam perlakuan dan penanganan, dan lainnya yang membuat kita kadang lengah akan ancaman bahaya ini.

Sebenarnya, apa itu keracunan makanan?

Keracunan makanan (food poisoning, foodborne illness, foodborne disease) merupakan penyakit atau sakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Potensi bahaya pada makanan (khususnya ikan, udang, kerang, dll...) bisa bersumber dari faktor biologi, kimia, maupun fisik. Bakteri merupakan penyebab kasus keracunan terbesar dan terbanyak. Gejala klinis yang muncul akibat dari keracunan makanan adalah diare (dan mungkin mual/muntah). Dikenal dua tiper keracunan makanan, yaitu infeksi dan intoksikasi.

1. Keracunan Infeksi


Infeksi terjadi jika bakteri hidup dalam jumlah banyak tertelan bersama makanan/minuman, masuk ke saluran pencernaan dan berkembang biak sehingga menimbulkan keracunan

2. Keracunan Intoksikasi


Intoksikasi terjadi jika bakteri tumbuh dalam makanan kemudia memproduksi racun/toksin. Saat makanan dikonsumsi, racun yang diproduksi oleh bakteri ikut tertelan bersama makanan. Racun tersebut kemudia menyebabkan gejala keracunan.

Faktor utama penyebab masalah keracunan makan ikan
  1. masalah higienitas personal
  2. suhu pemasakan yang kurang memadai untuk mematikan pathogen
  3. waktu pemyimpanan yang cukup lama hingga dikonsumsi
  4. kontaminasi silang
dan yang paling penting adalah :

5. selalu menjaga suhu dari ikan dengan rantai dingin.
Apa pentingnya? untuk menghambat pertumbuhan bakteri tentunya
Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Inilah pentingnya pengetahuan tentang Hazard Analysis Critical Control Point atau dikenal dengan "HACCP"

HACCP merupakan suatu suatu sistem manajemen yang digunakan untuk melindungi makanan (Ikan, udang, kerang, dan lainnya) dari bahaya biologis, kimia maupun fisik.

HACCP berperan penting untuk "mencegah" terhadap bahaya yang diperkirakan dapat terjadi makanan yang kita konsumsi, dengan cara memetakan penyebab dan potensi kemungkinan terjadinya bahaya, dan melakukan berbagai tindakan pengendaliannnya yang tentu bertujuan agar kita tidak mengalami keracunan dan hal yang tidak diinginkan saat memakan Ikan, udang, kerang dan makanan dan bahan pangan lainnya yang kita konsumsi.

HACCP adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa ikan yang akan dikonsumsi itu aman.

Ingat ya... Lebih baik mencegah dari pada mengobati ya Ama-Ra's, selalu hidup sehat dan tetap gemar makan ikan.

source: mina indonesia

Salam Ama-Ra!!!


EmoticonEmoticon

Post Terbaru

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer Halo gan sist, Menurut wikipedia, militer adalah angkatan bersenjata dari suatu nega...