Saturday, October 14, 2017

World Happiness Report 2017, siapa negara paling bahagia di dunia? Indonesia peringkat berapa?

World Hapiness Report 2017, siapa negara paling bahagia di dunia? Indonesia peringkat berapa?

World Happiness Report 2017

Menurut World Happiness Report 2017 yang dikeluarkan PBB, jawabannya adalah Norwegia. Negara yg berjulukan “northen light” ini menggeser posisi Denmark “the danes” yang jadi juara tahun lalu, disusul islandia di ranking ketiga disusul swiss dan finlandia. Negara skandinavia selalu bergantian menguasai puncak negara bahagia lima tahun berturut turut.

Sementara, Republik Afrika Tengah ada di posisi buncit. USA ada diperingkat ke-14, Israel di peringkat-11, Suriah peringkat 152 dari 155 negara, Yaman, yang sedang berjibaku dengan perang ada di peringkat 147.

Untuk wilayah asia tenggara, Indonesia menempati peringkat ke-81, berada di rentang tengah negara asia tenggara. Posisi tertinggi di asia tenggara diraih Singapura, yang menempati urutan 26, disusul thailand ke-32, malaysia 42, dan filipina 72.

Negara Asia Tenggara lain berada di bawah Indonesia, yaitu Vietnam 94, Myanmar 114, dan Kamboja 129.

World Happiness Report dirilis setiap 20 Maret. Laporan ini berdasarkan survey dari 1.000 penduduk di setiap negara.

Variabel pengukur kebahagiaan yg dipakai PBB :

1. GDP per capita

2. healthy years of life expectancy(umur harapan hidup)

3. social support (as measured by having someone to count on in times of trouble)

4. trust (as measured by a perceived absence of corruption in government and business)

5. perceived freedom to make life decisions

6. generosity(as measured by recent donations)


Faktor apa yg paling berpengaruh pada kebahagiaan ?

Hasil survey menyebutkan bahwa pekerjaan kantoran profesional rata rata lebih bahagia dibanding kaum buruh

Sementara faktor paling populer yg menentukan kebahagiaan seseorang adalah "memiliki pekerjaan",dan orang orang yg menganggur/kesulitan mendapatkan pekerjaan lebih tidak bahagia.

Disisi lain benar adanya mereka yang bergaji lebih besar mengaku lebih bahagia, tapi besar kecil gaji ini tentu subyektif,kenaikan gaji 10 dollar perhari bagi yg memiliki gaji 30 dollar perhari tentu merupakan jumlah yg besar bagi mereka.

Top 10 negara paling bahagia dan paling tidak bahagia :

10 Negara Paling Bahagia


1. Norwegia
2. Denmark
3. Islandia
4. Swiss
5. Finlandia
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Australia
10. Swedia

10 Negara Paling Tak Bahagia


10. Yaman
9. Sudan Selatan
8. Liberia
7. Guinea
6. Togo
5. Rwanda
4. Suriah
3. Tanzania
2. Burundi
1. Republik Afrika Tengah 

Data lengkap world happiness report : https://s3.amazonaws.com/sdsn-whr2017/HR17_3-20-17.pdf

Melihat sang juara negara paling bahagia tahun ini : Norwegia, kenapa mereka bahagia ?

Norway People

Kaya minyak,tapi tidak tergantung pada minyak


Norwegia adalah negara penghasil minyak,disaat harga minyak beberapa tahun terakhir ini jatuh,tapi norwegia malah meloncat dari peringkat empat tahun lalu menjadi juara satu tahun ini,apa rahasia nya ? PBB dalam laporan pengantarnya menulis :“Boleh dibilang Norwegia meraih dan mempertahankan tingkat kebahagiaan mereka yang tinggi bukan karena kekayaan minyaknya, namun telepas dari kekayaan minyaknya.”

“Industri minyak dan gas bumi terlalu berpengaruh dalam ekonomi kami, terutama dalam empat atau lima tahun kebelakang,semua karena antispiasi respon cepat kami yg tidak terlena pada kenaikan harga minyak beberapa tahun lalu sehingga menyelamatkan perekonomian kami” ujar Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg, sebagaimana diwartakan oleh BBC pada 2016.

Kuncinya,menabung


Disaat booming harga minyak,norwegia tidak terlena dan boros,keuntungan besar besaran dari booming minyak ditabung negara,bayangkan saja,dari era booming minyak,norwegia hanya menggunakan 4% nya saja dari keuntungan minyak saat itu- kata Alexander Cappelen dari Norges Handelshøyskole (Norwegian School of Economics) sebagaimana diwartakan BBC pada 2014

Birokrasi yang berjalan baik


birokrasi memainkan peran dalam tingkat kebahagiaan di norwegia ,birokrasi efisien,mini korupsi dan penyelewengan.tidak hanya itu,birokrasi jg memperlakukan warga norwegia dengan penuh rasa hormat ,perhatian dan membuat rakyat merasa dihargai.

Saling menolong, tampah pamrih


Rakyat norwegia sangat suka menolong sesama manusia tanpa pamrih,mereka bahkan pny istilah sendiri : dugnad,yang artinya kurang lebih gotong royong,dimana setiap orang memberi waktu dan kemampuannya utk komunitas.membuat hubungan antara sesama menjadi erat.

Mindset


Rata rata rakyat negara skandinavia tidak mementingkan luxury brand,mobil sport dan tas mewah meskipun byk diantara mereka sanggup membeli barang barang tersebut,mereka hanya membeli barang karena suka,karena kualitasnya,karena kegunaan. Bersama sama dan berbagi kenangan lebih berharga bagi mereka,lagipula norwegia memiliki alam yg asri dan indah,jg fasilitas negara yg mumpuni,jd utk apa brand mahal ?

Percaya pemerintah 


Kepercayaan masyarakat Norwegia terhadap pemerintahnya sangat baik, mereka rela membayar pajak yang sangat tinggi, pajak penghasilan sampai 55% dan pajak perusahaan mencapai 78%.rakyat tidak keberatan,karena percaya uang tersebut akan kembali lagi kepada rakyat dan pemerintah akan menginvestasikannya dengan baik.

Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/59df3412162ec278648b4569/negara-paling-bahagia-2017dan-mengapa-mereka-bahagia/

Oke itu tadi info tentang Negara terbahagia di dunia, Salam Ama-Ra!


EmoticonEmoticon

Post Terbaru

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer Halo gan sist, Menurut wikipedia, militer adalah angkatan bersenjata dari suatu nega...