Wednesday, August 23, 2017

Kalau kamu belum masuk UGM, mungkin kamu belum tau 9 hal berikut ini

Kalau kamu belum masuk UGM, mungkin kamu belum tau 9 hal berikut ini :


1. Warna Jas Almamater  
Jas almamater UI warnanya kuning, ITB biru, UGM apa ya? Kok warnanya nggak jelas banget gitu ya. Bagi kamu yang nggak tau sebenernya apa sih warna jas almamater UGM pasti bilang warnanya suram. Ya sebenernya warnanya emang nggak jelas sih, mau nyebut ijo tapi bukan ijo, di bilang abu-abu juga bukan. Sebenernya warnanya diabil dari warna karung goni. Warna itu diambil biar ngingetin kita nih yang lagi kuliah di UGM, bahwasannya dulu UGM itu juga turut berjuang melawan penjajah.

Lha terus hubungannya karung goni sama penjajah apa? Dulu kan waktu jaman penjajahan, orang Indonesia yang berjuang melawan penjajah pakaiannya bukan kemeja seperti sekarang ini. Mereka pakainya baju dari karung goni, karena mau pakai yang lain nggak ada.

Fyi : saya merasa warna jas almamater UGM berubah-ubah di tiap angkatan (pendapat pribadi)

2. Masjid Apung  

Kalau kamu berkunjung ke pascasarjana manajemen di UGM, sempatkan untuk sholat di masjid apung ini. Disebut masjid apung karena letaknya yang berada di atas sebuah sungai kecil. Kamu pasti betah deh kalau ke masjid yang satu ini, karena tempatnya adem. Lama-lama di sana juga nggak kerasa, tau-tau udah duduk berjam-jam. btw di masjid ini juga ada jumatan, dan saya juga pernah jumatan disana, dan rasanya, "amazing"

3. Rumah Sakit UGM  

Kalau orang Jogja biasa mengenal Rumah Sakit Sardjito yang berada di wilayah UGM. Sebenernya ada satu lagi rumah sakit yang masih ada hubungannya sama UGM, namanya Rumah Sakit Akademik. Rumah sakit ini masih cukup muda, tahun 2016 ini baru berumur 4 tahun. Jadi masih wajar kalau banyak orang yang nggak tau sama rumah sakit yang satu ini. Kalau mau kesana alamatnya di JL. Kabupaten, Kronggahan, Trihanggo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fyi, saya juga belum pernah ke rumah sakit ini :v

4. Dai Keliling  

Namanya Ahmad Tukiran Maulana, atau biasa dipanggil dai keliling. Ini bukan vokalisnya band Gigi itu lho, beliau sukanya dakwah bukan nyanyi. Ciri khasnya Ustadz Maulana itu kalau lihat ada orang yang sedang pacaran, apa lagi di sekitaran masjid. Beliau pasti langsung mendatangi orang tersebut, terus ditanyai apakah saudara, adik kakak atau suami istri bukan. Kalau bukan, beliau langsung menyuruh yang pacaran tadi untuk pulang sendiri-sendiri. Bahkan Ustadz Maulana tak segan-segan merogoh koceknya buat bayarin transport salah satu dari mereka yang pacaran. Keren abis pokoknya.
Fyi (again), saya juga belum pernah ketemu bapak ini :D
5. KKN-PPM UGM  
Korupsi kolusi nepotisme, eh bukan, ini KKN yang satunya Kuliah Kerja Nyata. Bagi mahasiswa UGM, KKN ini hukumnya wajib. Biasanya KKN diadakan saat pergantian semester (antar semester), tapi ada juga yang dalam semester. Oh iya misal sedang ada bencana yang menimpa negeri ini, UGM mengadakan yang namanya KKN Tanggap Bencana. Jadi, mahasiswa akan dikirim ke daerah bencana untuk memberikan bantuan. Selain menolong korban bencana, mahasiswa juga bisa memenuhi kewajiban menjalani KKN. Kalau kata peribahasa, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. KKN yang pertama kali ada di Indonesia itu dipelopori oleh UGM loh yang pada awalnya mengirimkan mahasiswanya untuk mengajar di daerah terpencil. KKN UGM itu tersebar di seluruh Indonesia :D 
Fyi (again), KKN tahun 2017 ini sempet ada masalah saat pengadaan topi dan kaos (curhat mode: on). Bahkan setelah KKN, topi dan kaos baru jadi.... feelsbadman :(

6. Jebakan Betmen  

Kalau kamu menuju ke arah Fakultas teknik dari Jalan Kaliurang, pasti kamu melewati hutan biologi. Nah, kalau lewat jalan ini hati-hati, di sana banyak jebakan betmennya. Kalau beruntung, kamu bisa dapat hadiah dari penghuni hutan itu. Hadiahnya nggak tentu, tergantung suasana hati penunggunya aja. Siap-siap terima hadiah dan jangan lupa dibersihin ya bajunya. (re:eeq____)

7. KIK  

KIK itu singkatan dari Kartu Identitas Kendaraan. Kartu ini sakti banget, kalau ketemu pos yag ada penjaganya, tinggal tunjukin kartunya aja dan kamu akan langsung diperbolehkan lewat. Kamu nggak perlu lagi minta karcis buat bisa masuk daerah kekuasaan UGM. Tapi kartu ini sayangnya hanya bisa dimiliki sama mahasiswa, dosen, dan karyawan UGM saja dan mulai tahun 2012 kartu ini sudah tidak dibuat massal lagi (untuk para mahasiswa) karena sekarang hanya menggunakan karcis kuning, yang juga sakti. Harus ambil dan kembalikan kembali, meskipun dibeberapa fakultas ga ambil ga apa. Jika hilang, pakai STNK ya :)

Fyi : saya lebih suka nyelonong karena ingin menghemat kertas (ah alesan lu...)

8. Sunmor 
   
Minggu pagi enaknya ngapain ya? Coba dateng ke sunmor (sunday morning) di UGM, yang tahun 2017 sudah pindah ke jalan lingkar timur. Sunmor ini kayak pasar tumpah gitu, mulai dari penjual baju sampai makanan khas jogja dan masih banyak yang lainya. Yang nggak ada mungkin yang jualan mobil atau pesawat, hehe. Kalau dateng ke sunmor jangan siang-siang, karena sekitar jam 12-an udah pada bubar pedagangnya.

Fyi : sunmor juga sering digunakan oleh panitia danus-an(dana usaha) dan mencari uang lebih (fact)

9. Grha Sabha Pramana 
Kalau kamu pagi-pagi/ sore-sore pengen joging, coba aja dateng ke Grha Sabha Pramana (GSP). Di GSP biasanya digunakan buat olahraga, ada yang joging muterin GSP, main bola, atau badminton. Biar sehat, kamu dateng aja ke GSP biar banyak temennya. Kalo banyak temennya kan jadi semangat tuh olahraganya. GSP juga sering dibuat tempat menyelenggarakan pesta pernikahan (so...)

Jika kamu ingin masuk UGM lewat jalur UTUL (ujian tulis), kamu bisa download soal+pembahasannya, klik link di bawah ini:


itu dia 9 hal yang mungkin baru kamu tau setelah masuk UGM
Salam Ama-Ra!!


EmoticonEmoticon

Post Terbaru

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer Halo gan sist, Menurut wikipedia, militer adalah angkatan bersenjata dari suatu nega...