Tuesday, January 10, 2017

TEH SOKLAT KHAS SLOGOHIMO, WONOGIRI

TEH SOKLAT KHAS SLOGOHIMO, WONOGIRI


Hi Ama-Ra’s!

Kali ini saya mau ngomongin soal Teh Soklat. Kalian tahu apa yang namanya teh kan? Itu lho, segala jenis tumbuhan yang dikeringkan kemudian dapat diseduh dengan air yang kemudian dapat diminum. Jadi sekarang sudah tahu kan teh itu apa. Apa itu soklat? Soklat merupakan cara Orang Jawa menyebutkan kata Coklat/Cokelat. Soklat disini merupakan salah satu merk teh khas dari daerah Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri. Hal ini bukan berarti bahan baku dari teh ini berasal dari buah kakao yang dapat menghasilkan coklat ya guys, tapi hanya sebagai merk saja. Teh yang digunakan oleh Teh Soklat ini jenis teh hitam, namun sepertinya mereka tidak hanya menggunakan pucuk dari daun teh untuk membuat tehnya. Karena menurut iklan yang saya lihat di tv, rasa teh yang paling enak ada di pucuknya (pucuk pucuk pucuk..., sambil ngeliat ulat manjat ke pucuk :D) Merk lengkap dari produk ini adalah “Teh Wangi Cap Buah Soklat”, namun orang-orang lebih sering menyebutnya dengan Teh Soklat.

Kenapa saya bilang khas? Karena teh merk Soklat ini cukup sulit dijumpai di daerah-daerah lain dan paling mudah dijumpai di daerah Slogohimo, Wonogiri. Maps dari Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri dapat dilihat di bawah :



Kemasan dari Teh Soklat dapat dilihat dalam foto dibawah :

1 Plastik Teh Soklat

Dari foto di atas dapat diketahui bahwa dalam 1 plastik berisikan 5 kemasan Teh Soklat. Teh Soklat ini dikemas menggunakan kertas jadi inshaallah aman :D. Oiya, bentuk dari Teh Soklat ini berupa cacahan kasar dari batang dan daun teh. Teh Soklat ini termasuk jenis “teh tubruk”. Tahu kan teh tubruk? Ya, teh yang diseduh secara langsung dengan batang dan daun tehnya lalu juga disajikan dengan batang dan daunnya juga. Apakah akan terganggu dengan batang dan daun yang ikut disajikan saat minum teh tubruk? Justru disitulah letak dari seni meminum teh. Kalian harus pintar-pintar mencari sudut dan cara meminum yang tepat agar batang dan daun dari teh ini tidak ikut masuk ke dalam mulut.

Berikut adalah foto dari Teh Soklat yang sudah diseduh :

Teh Soklat Setelah Diseduh

Biasanya batang dan daun dari teh tubruk akan mengapung saat awal diseduh, kemudian akan tenggelam seiring bertambahnya berat dari batang dan daun karena menyerap air. Pada foto tersebut terlihat sudah tidak ada batang dan daun yang mengapung. Hal ini menunjukkan bahwa teh sudah lama diseduh. Teh sebenarnya akan sangat enak diminum selagi baru diseduh. Saat baru diseduh akan tercium aroma yang wangi dari Teh Soklat ini. 

Bagaimana rasa dari teh soklat ini?

Rasa dari Teh Soklat ini sangat enak dan sangat khas. Kenapa saya sebut enak, karena teh ini memang enak, haha. Pokoknya rasa Teh Soklat ini enak sekali, kalau penasaran coba saja sendiri :D (susah untuk menggambarkannya). Kenapa saya sebut khas, karena Teh Soklat ini memiliki rasa sepat yang menurut saya cukup unik dan tidak dimiliki oleh teh tubruk lain bahkan teh tubruk lain.

Penasaran dengan rasa Teh Soklat ini? Silahkan berkunjung ke Slogohimo, Wonogiri untuk mencicipi rasanya. Saya jamin anda akan menyukainya bahkan mungkin kalian akan tercengang (WoW...). Untuk harga dari Teh Soklat ini, saya kemarin kelupaan untuk menanyakannya, maklum saja saya kemarin diberi oleh orang :D. Tapi saya yakin harga 1 plastik teh ini tidak akan serta merta menguras kantong kalian (percaya deh).

Sekian dari saya. Salam Ama-Ra!!!

1 comments so far

Didaerah saya Jatipurno juga banyak yg make teh Soklat mas, sy juga kecanduan dg teh trsbt. ehe


EmoticonEmoticon

Post Terbaru

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer Halo gan sist, Menurut wikipedia, militer adalah angkatan bersenjata dari suatu nega...