Thursday, October 11, 2018

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer


Halo gan sist,

Menurut wikipedia, militer adalah angkatan bersenjata dari suatu negara dan segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.

Padanan kata lainnya adalah tentara atau angkatan bersenjata. Militer biasanya terdiri atas para prajurit atau serdadu.

Bagi sejumlah negara, pasukan pengaman atau yang dikenal sebagai anggota militer adalah hal yang sangat diperlukan. Di Indonesia, anggota militer disebut sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tugas pokok dari TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Salah satu peran dari TNI adalah sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Karena lingkungan tugasnya terutama di medan perang, militer memang dilatih dan dituntut untuk bersikap tegas dan disiplin. Dalam kehidupan militer memang dituntut adanya hierarki yang jelas dan para atasan harus mampu bertindak tegas dan berani karena yang dipimpin adalah pasukan bersenjata.

Namun ternyata, tidak semua negara di dunia memiliki anggota militer. Beberapa negara ini bahkan hanya mempunyai polisi dalam jumlah kecil.

Seperti dikutip dari laman kaskus.co.id, berikut 5 negara di dunia yang tidak memiliki pasukan militer:

  • Kepulauan Marshall
indokku.com

Kepulauan Marshall masuk dalam daftar wilayah negara yang tidak memiliki anggota militer. Negara yang terletak di kawasan Pasifik ini hanya memiliki pasukan pengaman lokal saja.

Kepulauan Marshall memiliki Unit Pengawasan Maritim untuk keamanan internal. Unit investigasi Polisi Maritim dilengkapi dengan senjata kecil, dan memiliki satu kapal patroli.

Setiap aktivitasnya diawasi oleh Compact of Free Association, sebuah kesepakatan antara Amerika Serikat dan tiga negara di kawasan pasifik.

  • Palau

pristineparadisepalau.com

Palau adalah negara yang juga terletak di kawasan pasifik tanpa keberadaan militer dan hanya mempunyai 30 orang polisi.

Pasukan pengamanan ini di negara adalah Unit Pengawasan Maritim yang akan berpatroli untuk keamanan internal saja.

The Maritime Surveillance dilengkapi dengan senjata kecil, dan memelihara satu kapal patroli kelas Pasifik. Sama seperti, Kepulauan Marshall setiap aktivitasnya diawasi oleh Compact of Free Association.

  • Samoa

dx-world.net

Samoa juga tidak memiliki anggota satuan militer. Mereka hanya mempunyai Unit Pengawasan Maritim, karena negara ini merupakan negara kepulauan.

Unit Pengawasan Maritim hanya memiliki senjata ringan. Sesuai dengan pakta hubungan tahun 1962, Selandia Baru bertanggung jawab untuk pertahanan negara ini.

  • Nauru

kompas.com

Nauru adalah sebuah negara kepulauan yang sangat kecil dan terletak di Samudera Pasifik Selatan, wilayah Oseania.

Nauru merupakan negara kepulauan yang memiliki luas 22 kilometer persegi. Pada tahun 2011, total penduduk di negara ini sebanyak 9.322 jiwa.

Negara kecil ini rupanya tidak memiliki pasukan militer. Mereka hanya memiliki polisi bersenjata internal.

  • Liechtenstein

trover.com

Liechtenstein merupakan negara dengan sistem pemerintahaan yang berbentuk monarki konstitusional. Negara dengan ibu kota Vaduz ini dipimpin oleh seorang pangeran. Letaknya ada di Pegunungan Alpen, Eropa Selatan.

Posisi Liechtenstein diapit oleh dua negara besar seperti Swiss dan Austria. Bagi sebagian orang, Liechtenstein adalah negara impian karena memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Sejak tahun 1868, militer dihapus dari negara ini. Mereka hanya boleh memiliki militer apabila perang terjadi. Namun, situasi itu tak pernah terjadi sehingga militer tidak ada di negara itu.



Nah itu dia 5 negara yang tidak memiliki pasukan militer. Sekarang jadi tahu kan kalau ditanya "negara mana yang tidak memiliki pasukan militer?", hehe. Jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini jika berkenan

-Amara-

Sunday, August 5, 2018

Filosofi Hidup Yang Terkandung Dalam Tembang Macapat Jawa

Filosofi Hidup Yang Terkandung Dalam Tembang Macapat Jawa

Tembang macapat (ndrangsan.com)

Halo gan sist, kali ini ane mau bahas tentang tentang filosofi hidup yang ada dalam tembang macapat. Tembang macapat jawa terdiri atas 11 tembang dan memiliki makna-makna yang berbeda pula.Selain itu ternyata dibalik keindahannya tembang macapat jawa juga menyimpan filosofi kehidupan tentang tahap-tahap kehidupan manusia.

Sebelum masuk lebih jauh ke pembahasan inti, ada baiknya kita melihat dulu, apasih definisi tembang macapat. Kalo menurut om wiki, macapat adalah tembang atau puisi tradisional Jawa. Setiap bait macapat mempunyai baris kalimat yang disebut gatra, dan setiap gatra mempunyai sejumlah suku kata (guru wilangan) tertentu, dan berakhir pada bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu.

Kalo gan sist orang jawa, pasti sudah gak asing kan dengan tembang macapat? kalo jaman ane SD dulu sih, ada pelajaran muatan lokal "basa jawa" yang selain membahas tata cara berbahasa jawa yang baik dan benar juga membahas tentang tembang macapat

oke, kita langsung ke pembahasan intinya....

1. Maskumambang

Maskumambang (kaskus.id)

Tembang macapat satu ini menggambarkan keadaan dimana manusia masih dalam kandungan atau jabang bayi ya gan sist. Kumambang sendiri berarti mengambang sedangkan “Mas” sendiri berarti samar atau belum jelas. Tembang ini menggambarkan manusia yang masih belum jelas atau masih dalam kandungan.

2. Mijil

Mijil (ytimg.com)

Setelah Maskumambang, selanjutnya ada Mijil. Mijil sendiri dalam bahasa Jawa berarti lahir ya gan sist. Filosofi yang terkandung dalam tembang ini adalah keadaan dimana bayi sudah dilahirkan dan sudah jelas kelaminnya laki-laki atau perempuan. Selain itu tembang mijil mempunyai sifat asih juga berisi doa dan pengharapan.

3. Sinom

Sinom (ytimg.com)

Setelah Mijil, selanjutnya ada Sinom. Sinom sendiri berasal dari kata “enom” yang berarti muda ya gan sist. Kalau yang hidup di desa juga pasti ada yang namanya "sinoman" yang berarti kumpulan anak-anak muda. Filosofi yang terkandung dalam tembang sinom sendiri adalah menggambarkan kondisi manusia saat menginjak masa muda dimana kita bisa mengeksplor segala hal dan mengetahui banyak hal serta berelasi atau berteman dengan banyak orang. Tapi dibalik itu orang muda masih sering salah arah sehingga membuat orang tuanya gelisah serta mendoakan siang dan malam agar anaknya tidak salah langkah.

4. Kinanthi

Kinanthi (kaskus.id)

Setelah Sinom ada tembang Kinanthi. Kinanthi sendiri berasal dari kata “kanthi” yang berarti menuntun atau menggandeng ya gan sist. Maksud dari tembang ini adalah di masa muda seseorang masih membutuhkan tuntunan dari orang yang lebih tua (atau bisa disebut guru) dan tidak dilepaskan begitu saja. Tujuannya dari “dikanthi-kanthi” adalah agar seorang pemuda menjadi manusia sejati di mana manusia membentuk jati diri dan meniti jalan menuju cita-cita.

5. Asmaradana

Asmaradana (wattpad.com)

Setelah itu ada Asmaradana. Tembang Asmaradana sendiri berasal dari kata “asmara” yang berarti cinta dan “dahana” yang berarti api ya gan sist. Jadi Asmaradana sendiri berarti Api Cinta 🌋 Tembang ini menggambarkan seseorang ketika sudah mulai tertarik dengan lawan jenis 😍 Tembang ini menggambarkan manusia yang sedang dimabuk asmara atau jatuh cinta yang sudah menjadi kodratnya, asal jangan mabuk judi ya, hehe.

6. Gambuh

Gambuh (kaskus.id)

Kemudian ada tembang gambuh. Gambuh sendiri berasal dari kata “jumbuh” yang berarti cocok atau setuju. Tembang ini menggambarkan manusia yang sudah menemukan kecocokan dengan masing-masing pasangannya akan berlanjut ke jenjang yang lebih serius atau pernikahan (asekk..). Tembang ini juga menggambarkan komitmen manusia dalam menjaga kesetiaan dalam hubungannya 💑.

7. Dhandhanggula

Dhandanggula (longlifeeducation.com)

Selanjutnya ada Dhandanggula. Tembang yang disusun dari dua kata yaitu "Dhandhang" dan "Gula" ya gan sist. Dhandhang merupakan salah satu alat dapur dan gula merupakan simbol manis. Jadi tembang ini menggambarkan tentang manis-manisnya kehidupan manusia. Di tembang ini juga menggambarkan manusia yang sudah mampu membina kehidupan keluarga dan cita-citanya sudah tercapai.

8. Durma

Durma (ytimg.com)

Kemudian ada tembang Durma. Durma sendiri berasal dari kata “munduring tata krama”. Filosofi yang terkandung dalam tembang ini adalah manusia yang sudah mulai tipis imannya dan menjauhi tata krama (nah loh). Ada kemungkinan juga tembang ini diciptakan sebagai peringatan kepada manusia agar tidak berbuat semena-mena kepada sesamanya jika sudah sukses, jangan terlalu sombong,dan harus terus melihat ke bawah jangan ke atas terus (ini yang penting...).

9. Pangkur

Pangkur (kaskus.id)

Manusia yang sudah melewati fase durma akan mengalami penyesalan dan akan masuk ke fase Pangkur. Kalo ane sendiri sih tahunya tarian yang bernama "Gambyong Pangkur" 😅 Pangkur berasal dari kata “mungkur” yang berarti pergi. Pergi disini bermakna pergi meninggalkan hawa nafsu (ini nih yang susah...). Filosofi yang terkandung dalam tembang ini adalah manusia yang menyingkirkan hawa nafsu duniawinya  dan mulai mendekatkan diri kepada Tuhan. Tembang ini juga menggambarkan manusia yang menyesali perbuatan-perbuatannya di masa lalu. Mungkin bisa juga disebut tobat.

10. Megatruh

Megatruh (Tribunnews.com)

Tembang Megatruh berasal dari dua kata yaitu “megat” yang berarti putus (pegatan=cerai) dan “ruh” yang berarti jiwa/roh ya gan sist. Maksud dari tembang Megatruh adalah perginya ruh manusai kepada Sang Pencipta dan pemilik kehidupan. Tembang ini juga menggambarkan kematian yang bisa datang secara tiba-tiba dan kapan saja tanpa kompromi sehingga menjadi peringatan bagi manusia agar terus berbuat baik dan memperbaiki diri (buruan tobat gan sist 😀).

11. Pocung

Pocung (carakus.com)

Dan terakhir ada Pocung. Pocung berasal dari kata “pocong” yang berarti sudah dibungkus ya gan sist. Tembang ini mengandung maksud manusia yang sudah siap untuk dimakamkan dan menghadap Sang Pencipta. Tembang ini juga digunakan untuk memberi nasihat kepada orang lain. Tembang ini berisi ajaran agar manusia mampu membawa diri dan dapat mengarungi hidup secara harmonis lahir dan batin.

Kesimpulan

Hampir semua seni dan budaya yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita memiliki maksud dan makna tersendiri agar generasi selanjutnya bisa melalui kehidupan ini dengan lebih baik.

Amara

(sumber: longlifeeducation.com)

Saturday, August 4, 2018

Tips Untuk Menghindari HOAX

Tips Untuk Menghindari HOAX


Hoax (pacebro.com)

Kalo menurut om Wiki nih, pemberitaan palsu alias HOAX adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya.

Indonesia kita tercinta ini sangat kental dengan budaya penyebaran info yang cepat ya, namun beberapa info berita yang tersebar seringkali tidak faktual, tidak benar alias hoax. Banyak sekali info hoax yang disebar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih lagi pada media sosial. 
Ane sering mendapat broadcast message di "Whutsup" yang bila dicek lebih lanjut ternyata HOAX, dan parahnya lagi banyak yang menyakini dan resah terhadap berita tersebut what the --" 😒

Nah di tulisan kali ini ane akan berbicara membahas gimana sih cara bedain berita hoax dan fakta yang bener?

cekidot.....

1. Lihat Sumber Berita 

News (jewel1067.com)

Pertama yang harus kita lakukan untuk melihat ke dalam sebuah berita adalah judul atau Headline nya bukan?

Jika dirasa judul sedikit tidak masuk ke dalam logika 😏 lompat deh kebagian bawah, langsung lihat sumbernya

Setelah mengecek sumbernya lihat dengan teliti

Apakah sumbernya kredibel? Walaupun sumber yang di cantumkan kredibel apakah selalu benar?

Agan dan sista jangan langsung percaya hanya karena tercantum sumbernya di bagian bawah, hal yang harus dan wajib dilakukan setelahnya bisa dilihat di nomor selanjutnya....

2. Pahami Cara Kerja Media Penyebarannya 

penyebaran berita (www.carabinercomms.com)

Pahami dulu cara kerja penyebaran informasi tersebut, apakah siapa saja dapat menulis dan mengedit tanpa adanya admin yang menjaga tulisan tersebut? Media sosial adalah media yang setiap orang dapat menulis apapun tanpa melalui review dari admin

Bisa juga artikel di blog juga gak masuk perhitungan kredibel karena siapapun dapat membuat artikel dengan mudahnya, kadang ane juga nglihat artikel yang  gak bermutu juga sih, malah kadang cuman clickbait 😑

Nah yang seperti ini agan dan sista juga gak boleh langsung percaya, kecuali kalo media penyebarannya merupakan penyiar berita faktual dan terpercaya dan ditulis oleh jurnalis yang memang sudah memiliki tanggung jawab terhadap berita yang dibawanya.

3. Gunakan Logika dan Akal Sehat 

Critical and Logical Thinking (globaledulink.co.uk)

Nah yang nomer 3 ini muncul akibat beberapa pesan berita yang tersebar lewat aplikasi Whutsup (red:WA) yang biasanya langsung disebar sama emak-emak dan bapak-bapak yang baru punya smartphone 😬, bahkan ditambahi dengan beredar video-video

Kadang isi dari pesan atau video yang disebar ini sangat gak masuk akal dan lebih parahnya lagi masyarakat indonesia dengan "kejeniusannya" 😏, percaya dengan apa yang tersebar, gak semua sih tapi selalu ada aja yang percaya

4. Klarifikasi Kebenaran Dengan Pakarnya 

Fact or Fake (viralpie.net)

Memastikan kebenaran dan keabsahan suatu berita sebelum memberikan komentar atau bahkan melakukan share adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari adanya fitnah

Klarifikasi ini bisa dilakuin dengan bermacam macam, sekarang sudah abad 20 dan sudah ada teknologi bernama google ya gan sist

Klarifikasi dapat mencari suatu hal yang belum jelas dan jangan hanya terpaku dalam satu sumber namun juga cari sumber lain, disarankan juga untuk menghindari kegobloqan yang haqiqi (sampai masuk ke DNA) 😂 bisa bertanya kepada pakarnya dan disarankan jangan sama orang awam yang suka sok tau ya

Walaupun berita terkadang gak mempengaruhi hidup agan dan sista (tapi bisa mempengaruhi hidup orang lain loh) namun alangkah indahnya jika kita bisa membedakan mana yang REAL dan HOAX untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat indonesia 🙏

KESIMPULAN

Semoga kita semua diberi akal dan logika dan tidak masuk ke jurang yang salah, dan jika agan dan sista mendapat informasi yang diluar nalar mohon diresapi dahulu (ini nih yang penting!) dan jangan langsung di sebarluaskan ya untuk menghindari hujatan, karena hujatan netijen-netijen itu sangat pedas, melebihi ayam geprek cabe 20 😆

Amara

ASI Tidak Lancar? Kamu Memperlancar ASI dengan Bahan-Bahan Alami Ini Lho...

ASI Tidak Lancar? Kamu Memperlancar ASI dengan Bahan-Bahan Alami Ini Lho...


Apakah sista sekarang sedang menyusui? Ibu menyusui terkadang memiliki masalah ASI yang tidak lancar. Lalu apa solusinya? Nah, berikut beberapa bahan alami yang bisa memperlancar ASI.

Ibu menyusui (tstatic.net)


Para ibu menyusui di seluruh dunia akan lebih baik jika dapat memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya. Para sista ini diminta untuk memberikan ASI eksklusif selama dua tahun pertama si anak. Namun, beberapa ibu terkendala dengan ASI yang nggak lancar.

Kalau sista mengalaminya, bahan-bahan alami berikut bisa sista konsumsi loh untuk memperlancar ASI.

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan. (kompas.com)

Kacang-kacangan kan enak tuh dijadikan kudapan dan sayuran, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang hijau, dan kacang merah ternyata juga bisa loh digunakan untuk memperlancar produksi ASI. Kacang hijau mengandung vitamin B1, protein, fosfor, dan asam folat, sedangkan kacang almond mengandung asam lemak, vitamin, mineral, dan protein. Kacang-kacang tersebut selain memperlancar produksi ASI juga berperan dalam perkembangan otak bayi loh sista.

2. Semangka

Semangka (hellosehat.com)

Apakah sista suka buah dengan kadar air yang tinggi ini? Semangka memiliki kandungan vitamin A dan C yang berguna untuk program diet dan detoks tubuh loh. Semangka juga mengandung kalium dan asam folat. Kedua kandungan itu dapat mencukupi asupan gizi dalam ASI yang dibutuhkan si kecil.

3. Labu Siam

Labu siam. (tstatic.net)


Buah berwarna hijau ini sering digunakan sebagai campuran sayur bening, kolak, hingga lalapan. Ahli medis menganjurkan para sista yang menyusui untuk mengkonsumsi labu siam karena mengandung vitamin A, C, E, B6, magnesium, dan kalium yang baik untuk ibu menyusui.

4. Jambu Air

Jambu air. (klimg.com)


Jambu air ternyata bisa menetralisir rasa tertekan pada ibu pasca melahirkan loh. Jambu air juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi loh sista. Buahini bisa membuat si kecil tahan terhadap infeksi loh. Hal ini karena jambu air banyak mengandung vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Jadi, dengan mengonsumsinya, si kecil akan mendapatkan asupan gizi yang baik.

Nah, sekarang jadi tahu kan? Kalau begitu, para sista yag menyusui buruan ajak tuh agan suami ke pasar terdekat dan borong semua bahan alami tadi ya....

Amara

Sunday, July 8, 2018

5 Fungsi Airplane Mode yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

5 Fungsi Airplane Mode yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Source: idownloadblog.com

Menurut om wiki sih begini

Airplane mode, aeroplane mode, flight mode, offline mode, or standalone mode is a setting available on many smartphones, portable computers, and other electronic devices that, when activated, suspends radio-frequency signal transmission by the device, thereby disabling Bluetooth, telephony, and Wi-Fi. GPS may or may not be disabled, because it does not involve transmitting radio waves.
The name comes from the prohibition by most of the airlines of using equipment transmitting radio-frequency signal while in flight; using airplane mode prevents devices from transmitting.

Nah loh, apaan tuh?

Nih penjelasannya

Airplane Mode dalam smartphone (Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry, dan lain-lainnya 😁) tentunya sudah banyak yang tau. Airplane Mode atau Mode Penerbangan ini disediakan bagi pengguna smartphone yang ingin tetap menggunakan perangkatnya tanpa mengganggu sistem komunikasi pesawat saat terbang.

Namun selain untuk keselamatan, tahukah kamu bahwa Airplane Mode memiliki fungsi lain yang sebenarnya juga bisa kita gunakan saat kita di darat (tidak sedang terbang).

Kira-kira apa saja fungsi lain Airplane Mode atau Mode Pesawat yang bisa kamu gunakan di darat? 
Nih :

1. Menghemat Baterai


Saat kita tahu sisa baterai kita sedikit namun kita harus menelpon seseorang beberapa saat nanti, maka Airplane Mode bisa kita gunakan untuk membantu menghemat baterai. Dengan mengaktifkan fungsi tersebut, maka proses background di sistem smartphone atau tablet akan berhenti. Daripada dimatiin trus dinyalain lagi, ya gak?

2. Mempercepat Isi Ulang Baterai


Tak banyak yang tahu jika Airplane Mode juga bisa membantu proses pengisian ulang daya baterai (Charging or "cas"). Jika kamu terburu-buru ingin baterai smartphone segera terisi, maka kamu bisa mengaktifkan Airplane Mode sambil menghubungkan kabel dayanya.

Saat Airplane Mode aktif, semua koneksi seperti Seluler, Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan lokasi akan dimatikan. Sehingga daya baterai tidak "tersedot" untuk melakukan banyak aktivitas selain isi ulang, dengan begitu baterai akan cepat terisi.

3. Menghindari Gangguan


Smartphone kadang menjadi salah satu pengganggu yang bisa mengalihkan perhatian saat kita sedang berkonsentrasi atau berkendara.

Hal ini disebabkan bunyi atau getaran notifikasi yang dikeluarkan, baik itu dari pesan SMS masuk, panggilan telepon, atau notifikasi dari aplikasi chatting lainnya.

Cara terbaik untuk menghindari gangguan smartphone saat berkendara adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Dengan aktifnya Airplane Mode, tidak akan ada notifikasi masuk yang mungkin bisa mengganggumu.

ayo siapa yang masih suka telponan atau chatting-an pas naik kendaraan? ✌

4. Memperkuat Sinyal


Merasa jaringan yang kamu dapatkan tidak terlalu bagus? Kamu bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode. Saat Airplane Mode aktif, dia akan memutus semua jaringan yang terhubung dengan smartphone kamu. Saat Airplane Mode dinonaktifkan kembali, secara otomatis smartphone kamu akan mencari jaringan baru.

Hmm... Menarique 😃

5. Mempercepat Android


Salah satu penyebab Android lambat adalah dengan banyaknya lalu lintas data keluar masuk di Android kita. Saat Airplane Mode aktif, semua lalu lintas data akan dimatikan sehingga membuat smartphone akan menjadi cepat kembali.

Dari pada di restart kan lama biasanya :(


Jadi gimana menurut kamu? Dah baru tau kan?

Tambahan: buat main game offline biar gak keganggu ✌

Thursday, December 28, 2017

Macam-Macam IUU Fishing di Indonesia

Macam-Macam IUU Fishing di Indonesia

Susi dan peledakan kapal (source: jakartagreater.com)

Apa saja sih macam-macam IUU Fishing yang terjadi di Indonesia?

Sebelum itu, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu IUU Fishing.

llegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing secara harfiah dapat diartikan sebagai Kegiatan perikanan yang tidak sah,  Kegiatan perikanan yang tidak diatur oleh peraturan yang ada, atau Aktivitasnya tidak dilaporkan kepada suatu institusi atau lembaga pengelola perikanan yang tersedia.

Selengkapnya tentang IUU Fishing bisa dilihat disini : 
IUU Fishing

 Apa saja macam-macam IUU Fishing di Indonesia :


  1. pemalsuan dokumen pendaftaran kapal
  2. penggunaan dua bendera dan dua registrasi
  3. menangkap ikan tanpa izin/dokumen pelayaran (SLO dan SPB)
  4. memodifikasi kapal tanpa pemberitahuan seperti mark down
  5. penggunaan alat tangkap yang dilarang pemerintah
  6. penggunaan nahkoda dan ABK dari luar negeri
  7. tidak mengaktifkan transmitter VMS dan AIS
  8. pelanggaran jalur penangkapan ikan
  9. Illegal transhipment
  10. Pengisian data logbook secara tidak benar
  11. tidak memiliki UPI (Unit pengolahan ikan)
  12. mendaratkan ikan tidak pada pelabuhan yang ditetapkan dalam izin


Mengapa IUU Fishing menjadi masalah? tentu karena menyebabkan kerugian, yang sangat besar terhadapa negara dan juga kepada masyarakat...

Kerugian Akibat IUU FISHING

  1. Subsidi BBM dinikmati oleh kapal-kapal yang tidak berhak;
  2. Pengurangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP);
  3. Peluang kerja nelayan Indonesia (lokal) berkurang, karena kapal-kapal illegal adalah kapal-kapal asing yang menggunakan ABK asing;
  4. Hasil tangkapan umumnya dibawa langsung ke luar negeri (negara asal kapal), sehingga mengakibatkan: (a) hilangnya sebagian devisa negara dan (b) berkurangnya peluang nilai tambah dari industri pengolahan;
  5. Ancaman terhadap kelestarian sumberdaya ikan karena hasil tangkapan tidak terdeteksi, baik jenis, ukuran maupun jumlahnya;
  6. Merusak citra Indonesia pada kancah International karena IUU fishing yang dilakukan oleh kapal asing berbendera Indonesia maupun kapal milik warga negara Indonesia. Hal ini juga dapat berdampak ancaman embargo terhadap hasil perikanan Indonesia yang dipasarkan di luar negeri.

Sebagian Kerugian Ekonomi karena IUU Fishing

  1. Pungutan Perikanan yang dibayarkan dengan tariff kapal Indonesia.
  2. Subsidi BBM yang dinikmati oleh kapal asing yang tidak berhak.
  3. Produksi ikan yang dicuri (Volume dan Nilai)

Source: www.p2sdkpkendari.com dan mina indonesia

Jangan lupa ikuti blog ini untuk update terbaru dan share artikel ini...

Salam Ama-Ra, see you later....

IUU Fishing

Mengenal Apa itu IUU Fishing

IUU fishing (source: thefisheriesblog.files.wordpress.com)

Halo Ama-Ra's, kali ini kita akan membahas tentang apa itu IUU Fishing....

Apa itu IUU Fishing?

DefinisiIllegal, Unreported dan Unregulated (IUU) Fishing secara harfiah dapat diartikan sebagai Kegiatan perikanan yang tidak sah, Kegiatan perikanan yang tidak diatur oleh peraturan yang ada, atau Aktivitasnya tidak dilaporkan kepada suatu institusi atau lembaga pengelola perikanan yang tersedia.

IUU Fishing dapat terjadi disemua kegiatan perikanan tangkap tanpa tergantung pada lokasi, target spesies, alat tangkap yang digunakan serta intensitas exploitasi. Dapat muncul di semua tipe perikanan baik skala kecil dan industri, perikanan di zona juridiksi nasional maupun internasional seperti high seas.

Illegal Fishing

  • Illegal Fishing yaitu kegiatan penangkapan ikan :
  1. Yang dilakukan oleh orang atau kapal asing pada suatu perairan yang menjadi yurisdiksi suatu negara tanpa izin dari negara tersebut atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Yang bertentangan dengan peraturan nasional yang berlaku atau kewajiban internasional;
  3. Yang dilakukan oleh kapal yang mengibarkan bendera suatu negara yang menjadi anggota organisasi pengelolaan perikanan regional tetapi beroperasi tidak sesuai dengan ketentuan pelestarian dan pengelolaan yang diterapkan oleh organisasi tersebut atau ketentuan hukum internasional yang berlaku.
  • Penyebab Illegal Fishing
  1. Meningkat dan tingginya permintaan ikan (DN/LN)
  2. Berkurang/Habisnya SDI di negara lain
  3. Lemahnya armada perikanan nasional
  4. Izin/dokumen pendukung dikeluarkan lebih dari satu instansi
  5. Lemahnya pengawasan dan penegakan hukum di laut
  6. Lemahnya delik tuntutan dan putusan pengadilan
  7. Belum ada visi yang sama aparat penegak hukum
  8. Lemahnya peraturan perundangan dan ketentuan pidana

Unreported Fishing

  • Unreported Fishing yaitu kegiatan penangkapan ikan :
  1. Yang tidak pernah dilaporkan atau dilaporkan secara tidak benar kepada instansi yang berwenang, tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional;
  2. Yang dilakukan di area yang menjadi kompetensi organisasi pengelolaan perikanan regional, namun tidak pernah dilaporkan atau dilaporkan secara tidak benar, tidak sesuai dengan prosedur pelaporan dari organisasi tersebut.
  • Penyebab Unreported Fishing
  1. Lemahnya peraturan perundangan
  2. Belum sempurnanya sistem pengumpulan data hasil tangkapan/ angkutan ikan
  3. Belum ada kesadaran pengusaha terhadap pentingnya menyampaikan data hasil tangkapan/angkutan ikan
  4. Hasil Tangkapan dan Fishing Ground dianggap rahasia dan tidak untuk diketahui pihak lain (saingan)
  5. Lemahnya Ketentuan Sanksi dan Pidana
  6. Wilayah kepulauan menyebabkan banyak tempat pendaratan ikan yang sebagian besar tidak termonitor dan terkontrol
  7. Unit penangkapan di bawah < 6 GT tidak diwajibkan memiliki IUP dan SIPI (unregulated), sehingga tidak diwajibkan melaporkan data produksinya.
  8. Sebagian besar perusahaan yang memiliki armada penangkapan memiliki pelabuhan / tangkahan tersendiri.
  9. Laporan produksi yang diberikan oleh pengurus perusahaan kepada dinas terkait cenderung lebih rendah dari sebenarnya. Menurut petugas retribusi laporan produksi umumnya tidak pernah mencapai 20% dari produksi yang sebenarnya.

Unregulated Fishing

  • Unregulated Fishing yaitu kegiatan penangkapan ikan :
  1. Pada suatu area atau stok ikan yang belum diterapkan ketentuan pelestarian dan pengelolaan dan kegiatan penangkapan tersebut dilaksanakan dengan cara yang tidak sesuai dengan tanggung-jawab negara untuk pelestarian dan pengelolaan sumberdaya ikan sesuai hukum internasional;
  2. Pada area yang menjadi kewenangan organisasi pengelolaan perikanan regional, yang dilakukan oleh kapal tanpa kewarganegaraan, atau yang mengibarkan bendera suatu negara yang tidak menjadi anggota organisasi tersebut, dengan cara yang tidak sesuai atau bertentangan dengan ketentuan pelestarian dan pengelolaan dari organisasi tersebut
  • Penyebab Unregulated Fishing
  1. Potensi SDI di perairan Indonesia masih dianggap memadai dan belum membahayakan
  2. Sibuk mengatur yang ada karena banyak masalah
  3. Orientasi jangka pendek
  4. Beragamnya kondisi daerah perairan dan SDI
  5. Belum masuknya Indonesia menjadi anggota organisasi perikanan internasional

Itu tadi tentang IUU Fishing...

source: www.p2sdkpkendari.com

Salam Ama-Ra, see you later....

Post Terbaru

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

5 Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer Halo gan sist, Menurut wikipedia, militer adalah angkatan bersenjata dari suatu nega...